MAT-5F-1453

Milis (Mailing List)

Cara buat milis di Yahoo

Mailing List  sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list.

Nah bwt teman” yg ingin membuat milis bisa mengikuti langkah” berikut ini:

  • Pergi ke Yahoo.com
  • Pilih icon Groups yang tersedia di sidebar sebelah kiri
  • Pilih ‘Start your group’ yang tersedia di bar bagian tengah (di bawah kolom pencarian)
  • Yahoo akan membawa ke halaman dimana kita harus masukan ID kita. Masukan ID yahoo yang akan kita jadikan owner (Owner milis sangat berkuasa, hanya dia yang memiliki semua hak, termasuk menunjuk atau mendelete moderator)
  • Cuma ada 3 langkah untuk buat milis. Pertama, pilih kategori milis yang akan kita buat (kita bisa mencarinya melalui kolom pencarian, atau klik beberapa item yang tersedia). Misalnya, kita bisa pilih science, item yang paling bawah.
  • Yahoo hanya meminta 1 sub kategori dimana milis kita akan ditempatkan. Pilih saja yang sesuai, misalnya dari Science, kita pilih Agriculture and Farming. Kita bisa langsung tempatkan milis kita di kategori ini dengan mengklik tombol ‘Place my group here’. Kalau ingin membuat sub kategori lagi juga tidak masalah, Yahoo menyediakannya.
  • Langkah Kedua. Setelah menekan tombol ‘Place my group here’, kita diminta untuk mendeskripsikan milis tersebut. Misalnya Nama Group, alamat email, dan deskripsi milis. Berikutnya, tekan tombol “Continue
  • Langkah Ketiga : Verifikasi Kata, masukan huruf-huruf yang posisinya diacak itu, di kolom yang tersedia di sebelahnya. Ini cuma untuk meyakinkan Yahoo kalau yang membuat milis benar-benar manusia, bukan software robot. Di langkah Ketiga, sebenarnya bagian untuk mengisi profil owner supaya member milis bisa mengenal lebih jauh pemilik milis. Tapi bisa saja langkah ini ditunda. Setelah memasukan verifikasi huruf itu (pastikan huruf kecil/besar tidak tertukar), maka kita bisa langsung meng-invite orang atau meng-customize milis kita.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: