MAT-5F-1453

Potret Buram Anak Negeri

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Banjir yang melanda Kabupaten Lebak, Banten selama beberapa hari tidak hanya merendam ribuan rumah warga. Sejumlah fasilitas umum seperti jembatan juga banyak yang mengalami kerusakan, salah satunya jembatan gantung di Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Karang Anyar, Lebak, Banten yang ambrol.

Media Inggris, Daily Mail, menuliskan sebuah artikel yang menggambarkan betapa beratnya perjalanan para pelajar Indonesia menuju ke sekolah. Harian ini bahkan menyamakan aksi mereka dengan adegan berbahaya di film Indiana Jones.

   

Pada foto-foto yang diambil oleh Reuters pada Kamis, 19 Januari 2012, terlihat beberapa orang pelajar SMP dan SD di kampung Tanjung, Lebak, Banten, meniti sebuah jembatan rusak yang hanya dihubungkan dengan satu tali terbentang di atas Sungai.
Merayap perlahan-lahan, mereka berusaha untuk tidak tergelincir masuk ke dalam sungai Ciberang yang berarus deras dan dalam. Sungai ini kerap digunakan para wisatawan untuk olah raga arung jeram.

Pegangan mereka hanyalah tali dan kayu-kayu sisa-sisa jembatan. Daily Mail menuliskan, anak terkecil yang pernah menyeberang berusia lima tahun. Penyeberangan menjadi semakin berbahaya jika sungai Ciberang diterpa banjir. Titian tali bisa terendam air dan putus terbawa arus. Para pelajar mengaku lebih memilih menghadapi bahaya meniti tali ketimbang harus berjalan setengah jam lamanya ke jembatan yang lebih bagus. Jika mereka mencari aman, maka harus bangun pagi-pagi buta dan pulang ketika hari sudah gelap.

Di lain pihak, ternyata terungkap beberapa proyek para wakil rakyat yang menghambur”kan uang rakyat untuk menambah fasilitas” di gedung DPR.

DPR yang katanya wakil rakyat ini mengawali tahun 2012 dengan Proyek bernilai milyaran Rupiah untuk renovasi sejumlah failitas DPR di rasa sangat bombastis, sangat bertolak belakang dengan keadaan anak” negeri ini.

sejumlah proyek tersebut antara lain:

1. Renovasi Ruang Rapat Anggota Banggar DPR
Para anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, akan segera menikmati ruang rapat yang baru. Setelah BURT DPR memastikan telah melakukan tender senilai 20 miliar rupiah pada Oktober 2011 lalu.
Renovasi ruang rapat Banggar ini menuai kecaman karena, spesifikasi yang dinilai terlalu mewah. Ruang rapat berukuran 10 x 10 meter itu nantinya akan diisi dengan barang-barang kualitas nomor wahid, satu buah kursinya saja berharga 24 juta rupiah.
2. Papan Selamat Datang DPR
Proyek lain yang mengundang decak kagum adalah pemasangan dua layar LED yang akan menampilkan wajah para pimpinan DPR dan juga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh anggota dewan.
Tidak tanggung-tanggung, biaya pemasangan layar berukuran 3×2 meter yang dipasang diatas tiang bulat setinggi 3 meter ini mencapai Rp 4,8 miliar rupiah.

3. Renovasi Toliet sebesar 2 Milyar Rupiah

Pihak kesetjenan DPR menyatakan, kondisi toilet di gedung mereka sangat memprihatinkan, sehingga diperlukannya renovasi. Renovasi tersebut hanya akan dilakukan untuk toilet di Gedung Nusantara I, tidak semua toilet di komplek gedung DPR, dan perkiraan renovasi proyek tersebut memakan biaya 2 Milyar Rupiah. hmmmm, Nilai tersebut setara dengan rumah mewah, atau apartemen. mungkin toilet tersebut di alasi dengan sejumlah berlian, pertanyaannya adalah ‘kenapa wakil rakyat tersebut tidak sekalian tidur di dalam toilet saja’, mungkin dengan harga yang bombastis tersebut akan terasa nyaman untuk tidur senyaman tidur di rumah atau apartment mewah.

4. Renovasi Parkiran senilai 3 Milyar Rupiah

DPR juga merenovasi parkiran motor yang juga nilainya tidak tanggung-tanggung. DPR membangun ulang parkiran motor di gedung tsb menjadi 2 lantai. Apakah para wakil rakyat pergi bekerja menggunakan sepeda motor?! katanya sich parkir motor itu untuk para rakyat yang ingin bertemu wakil”nya…

5. Finger Print senilai 4 Milyar Rupiah

Finger Print macam apa yang di gunakan oleh DPR untuk absensi. alat absen elektronik ini telah memakan dana yang maha dahsyat. alat tersebut hanya di gunakan beberapa menit saja untuk absen, tapi nilai tersebut memerlukan bertahun-tahun gaji pegawai biasa untuk mengumpulkannya. tetapi, oleh mereka hanya di habiskan dalam sekejap saja.

6. Pencetakan Kalender Meja dan Dinding Senilai 1,3 Milyar

Menyambut tahun 2012, DPR mengeluarkan kalender tahunan mereka. Kalender yang berisi 13 halaman dan berisi foto-foto kegiatan pimpinan DPR ini dicetak dengan biaya 1,3 miliar rupiah. Dana ini diperlukan untuk mencetak 11200 eksemplar kalender, dimana tiap anggota dewan mendapatkan 20 eksemplar.

7. Pengharum Ruangan Senilai 1,6 Milyar Rupiah

Pengharum ruangan ini sangat tidak substantif. karena tidak berpengaruh kepada kinerja DPR. Saya rasa sebaiknya, Para anggota DPR cukup memakai parfumnya saja masing-masing, dengan parfum yang mereka pakai tersebut maka ruangan tidak akan bau, dan tidak perlu mengeluarkan dana hingga milyaran rupiah.

8. Pemberian Makan Rusa di DPR
Proyek-proyek di DPR tidak hanya terkait pembangunan fisik semata. Ada proyek lain yang ternyata tidak diketahui banyak orang. Proyek tersebut adalah pemberian makan rusa-rusa yang selama ini ditempatkan di sekitar gedung DPR.
Dana yang dialokasikan untuk memberi makan rusa-rusa ini mencapai 598 juta rupiah. Proyek ini mungkin tidak akan mengundang kontroversi apabila keberadaan rusa tersebut jelas wujudnya, namun kenyataan di lapangan tidak seperti yang dibayangkan.
Selain proyek” di atas masih ada lagi proyek” fantastis lainnya seperti Pengadaan Mesin fotokopy ( 5,7 Miliar), Ganti Meja Kerja (4,3 Miliar), Nutrisi/Suplemen(824,4 juta).
Pemerintah juga gak mau kalah dengan menganggarkan 21,9 miliar untuk biaya renovasi istana kepresidenan.

Tingkatkan dulu kinerja DPR dan pemerintah yang lemah, baru tingkatkan fasilitas-fasilitasnya, dan perhatikan rakyat sekitar yang masih hidup kekurangan.

Comments on: "Potret Buram Anak Negeri" (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: