MAT-5F-1453

Bilangan Prima

Bilangan Prima

Udah tau lom apa sich bilangan prima itu ?

kalo ada yang belum tau,dalam kesempatan ini penulis mencoba memberi penjelasan sedikit mengenai apa itu bilangan prima ?semoga bermanfaat….

Dalam matematika , bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besr dari 1,yang faktor pembaginya adalah 1dan bilangan itu sendiri.

2 dan 3 merupakan bilangan prima karena 2 dan 3 hanya punya faktor pembagi 1 dan bilangan itu sendiri.

Sedang 4 bukan merupakan bilangan prima karena 4 bisa dibagi oleh 2. (faktor pembaginya bukan hanya 1 dan bilangan itu sendiri).

10 bilangan yang pertama adalah 2,3,7,11,13,17,19,23,29.

Sedang jika suatu bilangan lebih besar dari 1 dan bukan merupakan bilangan prima maka disebut dengan bilangan komposit.

Secara matematis, tidak ada “bilangan prima yang terbesar “ , karena jumlah bilangan prima adalah tak terhingga . Bilangan prima terbesar yang diketahui per Agustus 2007 adalah 232.582.657 − 1. Bilangan ini mempunyai 9.808.358 digit dan merupakan bilangan prima Mersenne yang ke-44 . M32582657 (demikian notasi penulisan bilangan prima Mersenne ke-44) ditemukan oleh Curtis Cooper dan Steven Boone pada 4 September 2006 yang merupakan profesor-profesor dari University of Missouri bekerja sama dengan puluhan ribu anggota lainnya dari proyek GIMPS.

Eh ya para pembaca udah tau lom cara mencari bilangan prima yang kurang dari 100.

Lom kaN?kaLo belum gini caranya :

  1. bilangan tersebut harus ganjil tentunya.
  2. bilangan tersebut tidak rangkap (33,55,77 dsb.)
  3. jumlahkan angka tersebut menjadi 1 digit,bila hasilnya tidak sama dengan 3,6,9 maka dia pasti prima.

gimana penasaran kan??? Silahkan dicoba aja!!! Gak usah malu-malu….^_^

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: